Sukma Nopriatin, SMAN 1 Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan ilir, CGP Angkatan 7....... Rencana Allah Terkadang Lebih Indah dari Rencana Manusia, Sabar, Syukur dan Ikhlas......

Dec 17, 2022

Mulai Dari Diri Modul 1.1 - Filsofis Ki Hajar Dewantara

Oleh: Sukma Nopriatin, guru di SMAN 1 Indralaya Selatan

CGP Angkatan 7


1. Reflektif Kritis

          Seperti yang kita ketahui, Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu tokoh nasional yang sangat  berpengaruh terhadap perubahan dunia pendidikan, selain itu beliau juga merupakan Menteri Pendidikan pertama di negara kita tercita ini. Pemikirannya masih sangat relevan dengan perkembangan zaman, bahkan sampai sekarang. Kalau kita pernah mendengar atau membaca  ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani, yang mempunyai arti di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan. Semboyan tersebut masih dipakai dinegara kita terutama di bidang pendidikan. Di dalam pendidikan dan pengajaran diharapkan apa yang menjadi pemikiran Ki Hajar Dewantara bisa membuat negara kita menjadi negara yang mempunyai karakter yang baik, berilmu dan mempunyai kemampuan di bidang teknologi serta beriman.

          Relevansi pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan pendidikan saat ini yakni mulai adanya Pendidikan Merdeka Mengajar. Merdeka belajar merupakan program yang dibuat oleh pemerintah dengan tujuan untuk mencapai pendidikan yang lebih baik dengan berpusatnya pendidikan kepada murid. Disekolah saya penerapan pemikiran ki Hajar Dewantara pada dasarnya sudah terlaksana. Ini bisa terlihat dari aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang mencoba sesuai dengan kebutuhan murid, kemudian terdapatnya pembiasaan yang menekankan penddikan karakter, misalnya berdoa sebelum belajar, mengucapkan salam atau sapa ketika bertemu dan murid menyalami guru apabila ketemu.

          Saya sebagai guru selalu mencoba untuk menjalankan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Misalnya, saya berusaha untuk bisa menjadi contoh yang baik terutama bagi murid saya, baik itu cara berbicara, cara bersikap, cara berpakaian maupun hal lain yang kiranya bisa dijadikan contoh bagi guru lain atau bagi murid saya. Saya juga berusaha membimbing murid saya dengan baik, baik itu dalam proses pembelajaran dikelas maupun diluar kelas, misalnya mencoba  mencari solusi ketika ada siswa yang cerita bila ada masalah baik pribadi maupun di kelas saya. Saya juga sangat mensupport semua warga sekolah baik guru maupun murid untuk mengembangkan diri dan kemampuan mereka.

2. Harapan dan Ekspektasi

      Harapan saya setelah mempelajari modul ini, saya bisa bisa berbagi kepada rekan sejawat tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara berupa merdeka belajar dan pendidikan berpusat pada murid. dan saya juga ingin mengimplementasikannya pada diri sendiri.

      Sedangkan harapan saya terhadap murid-murid saya setelah mempelajari modul ini, saya berharap murid-murid saya lebih mempunyai karakter yang baik, mandiri, percaya pada diri sendiri bahwa mereka mampu melakukan hal yang terbaik dalam aktivitas belajar maupun kehidupan sehari-hari, saya juga berharap murid saya mau untuk mengembangkan diri sesuai dengan zamannya dengan tidak mengenyampingkan keimanan dan ketakwaaan meraka terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

      Harapan saya setelah mengikuti kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini adalah saya lebih memahami pemikirsn Ki Hajar Dewantara yang berupa merdeka belajar dan dapat mengimplementasikannya baik dalam proses pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment