Sukma Nopriatin, SMAN 1 Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan ilir, CGP Angkatan 7....... Rencana Allah Terkadang Lebih Indah dari Rencana Manusia, Sabar, Syukur dan Ikhlas......

Dec 17, 2022

Mulai Dari Diri Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak
By : Sukma Nopriatin, guru di SMAN 1 Indralaya Selatan, CGP Angkatan 7 Kabupaten Ogan Ilir.

Tugas 1


Trapesium Usia

Peristiwa Negatif

Peristiwa negatif yang saya alami, sewaktu saya duduk di kelas 2 SMU. Waktu itu pelajaran olahraga, dalam pelajaran itu ada olahraga volley. Saya akui, saya tidak begitu pintar dalam hal olahraga termasuk olahraga volley. Satu  ketika, waktu pelajaran olahraga kami diminta untuk melakukan passing satu persatu. Kebetulan saya mendapatkan giliran pertama, sewaktu saya passing bolanya melambung tinggi sampai diatas genteng. Karena sekolah saya bertingkat, otomatis susah untuk mengambil. Pak gurunya berkata, sudah cukup olahraga kita pada hari ini. Saya sangat merasa bersalah pada hari itu.

 Peristiwa Positif

Banyak sekali peristiwa positif yang saya alami, pada saat kelulusan sekolah dasar saya pernah menjadi juara umum dengan nilai tertinggi di SD saya, walaupun hanya tingkat sekolah tapi itu sudah membuat saya senang karena berhasil membuat orang tua saya tersenyum dan bahagia. Begitupun waktu SMP, saya sangat menyukai kegiatan pramuka sehingga dengan beberapa teman yang lain, kami masuk dalam regu inti dan selalu dikirim apabila ada kegiatan diluar yang berkaitan dengan pramuka. Dan Alhamdulillah, orang tua memberi izin dan mendukung, salah satu bentuk dukungan apabila ada kegiatan kemah orang tua saya bersama saudara saya datang walau sekedar untuk melihat dan membawa makanan kesukaan saya. Dengan mengikuti kegiatan ini saya lebih bisa mandiri, bekerjasama dengan orang lain.

 Dari peristiwa tersebut, yang terlibat adalah saya, guru dan teman-teman saya. DAmpak emosi yang saya rasakan, saya merasa sedih, panic dan merasa tidak enak terhadap teman sekelas saya. Karena saya, pelajaran olahraga yang baru dimulai harus diakhiri.

 Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang?

Karena momen tersebut bisa diambil hikmahnya, saat peristiwa negatif, saya mencoba memperbaiki diri kemudian terus berlatih agar hal terulang tidak terjadi lagi. Saat momen positif, saya menjadi lebih mandiri, percaya pada diri dan kemampuan sendiri dan berusaha untuk lebih mengembangkan diri lagi. Tapi apapun peristiwa yang saya alami, saya selalu mencoba untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur. Karena apapun itu, ada tangan Allah yang selalu ikut campur dalam kehidupan kita.

Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?Menurut saya, ada beberapa peran yang bisa terlihat, yakni;

-    Guru harus memahami bahwa anak memiliki karakter yang unik yang berbeda,  sehingga anak lebih percaya pada dirinya sendirinya.

-   Guru harus membimbing dan mengarahkan bakat dan minat anak, agar tersebut bertambah pengetahuannya, bermoral dan bisa survive pada zamannya

Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai    seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna.

            Guru merupakan penuntun bagi muridnya, sehingga harus bisa menciptakan pembelajaran             yang bermakna, agar muridnya bisa mengembangkan diri, berpengetahuan juga bermoral.

 

Tugas 2Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

NIlai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkkan murid, rekan guru, dan omunitas sekolah saya adalah saya mempunyai rasa empati dan simpati kepada sesame, saya juga ingin melihat orang lain juga maju bersama saya, saya juga selalu berusaha untuk bisa membantu orang lain sesuai dengan kemampuan saya.

Peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkkan murid, rekan guru dan komunitas sekolah, yakni saya berusaha melakukan pendekatan personal kepada murid yang menurut saya ada masalah terutama pada mata pelajaran yang saya ampu, saya ajak bicara kemudian mencoba memotivasi dan mencari solusi atas masalah yang dihadapinya. Begitupun dengan rekan guru, sebisa mungkin saya menjalin hubungan yang baik, karena menurut saya hubungan yang baik dan suasana kerja yang kondusif akan membuat saya tambah bersemangat untuk menjalankan tugas saya. Sedangkan dikomunitas sekolah, saya berusaha untuk mengikuti kegiatan yang diadakan dan mencoba berpartisipasi secara aktif.

Demikianlah, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment